Membuat toko online dengan blogspot

Membuat toko online dengan blogspot bisa dikatakan mudah dan cepat, kita hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam maka toko online bisa...

Membuat toko online dengan blogspot bisa dikatakan mudah dan cepat, kita hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam maka toko online bisa langsung online di internet. Akan tetapi sebelum kita membuat toko online dengan blogspot akan lebih baik lagi kalau kita mempersiapkan data barang yang akan kita jual nantinya. Silahkan baca artikel sebelumnya tentang Internet marketing atau Pemasaran Internet. Nah, apa sebenarnya yang dibutuhkan untuk membuat toko online?

Pertama, kita sudah mempunyai rencana awal produk apa yang akan dijual di toko online kita. Apakah produk Anda sendiri atau produk orang lain yang kita lebih kenal dengan istilah dropshipper. Untuk lebih menguasai bahasa marketing dalam menawarkan produk yang kita jual, kita sebaiknya menguasai seluk beluk produk yang kita jual. Tak kenal maka sulit bagi kita untuk menawarkan.

Membuat toko online di blogspot

Blogspot merupakan langkah alternatif buat kita jika terbentur dengan biaya pembelian hosting dan domain. Dengan blogspotpun kita bisa membuat toko online, bahkan tidak kalah dengan toko online yang mempunyai hosting dan domain sendiri. Memang tidak sebaik hosting yang berbayar, tetapi kalau tujuan kita menjual produk di internet terpenuhi, kenapa kita mesti minder?
Tujuannya terpenuhi maksudnya di sini adalah informasi produk yang tersedia jelas, alur pengiriman yang pasti dan model pembayaran yang jelas dan pas.

Design toko online

Berbicara tentang design toko online, masing-masing orang pasti mempuyai kesukaan yang berbeda-beda. Ada yang menyukai warna mencolok dengan banyak animasi gambar dan flash, ada juga yang menyukai design toko online yang sederhana dan cenderung berwarna cerah, putih atau biru.

Ketika berbicara tentang design toko online, mungkin kita bertanya-tanya berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat atau membeli template online dengan design yang bagus dan fasilitas yang memuaskan? Tenang saja, solusinya kita memakai fasilitas blogspot saja. Sederhana, bukan?
UKM Cerdas sendiri lebih menyukai warna yang cerah dan susunan letak tabel yang sederhana dan tidak terlalu banyak animasi. Hal ini juga bermanfaat untuk mempercepat proses loading website, dimana semakin banyak gambar ada, maka kemungkinan proses loading website juga akan membutuhkan waktu yang agak lama juga.

Tata letak tampilan toko online

Kita berpendapat, kalau tata letak dari tampilan toko online, baik gambar produk atau pun banner sebisa mungkin tertata rapih dan terstruktur dengan baik. Salah satu solusi kalau website kita banyak animasi yang harus ditampilkan, akan tetapi tetap enak dinikmati pengunjung, otomatis traffic website kita juga akan naik pula. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah navigasi atau letak menu di website harus jelas, jangan sampai calon pembeli kebingungan dengan menu yang kita masukan di website. Paling tidak tampilan toko online kita memuat tentang kontak email dan nomor telpon atau pin BlackBerry.

Template toko online

Setelah blog kita terdaftar di blogspot, kita pasti akan mencari template apa yang sesuai dengan tema toko online kita. Banyak template gratis di internet yang bisa kita download dan kita implementasikan untuk toko online kita. Coba cari di Google, Yahoo dan Bing untuk mencari template gratis. Kalaupun kita tidak memakai template online tersebut, menurut kita sepertinya tidak menjadi masalah, asalkan informasi produk, alur pembayaran dan pengiriman kita jelas, maka template toko online bisa juga dengan template yang UKM Cerdas pakai ini. Memang tidak ada fasilitas untuk melihat keranjang belanja atau proses pembayaran, yang ada hanya memperkenalkan produk atau katalog dan kita tulis di situ harga dan tata cara pembayaran dan pengirimannya. Pembeli nanti tinggal SMS atau email tentang produk yang akan dibeli, nah kalau sudah seperti itu berarti tidak ada bedanya dengan online store yang lain, kan? Tinggal kita pintar-pintar mengolah bahasa dan penyampaian informasi produk yang kita jual tersebut.
Template toko online bisa jadi bukan syarat yang utama, akan tetapi kepercayaan pembeli yang harus kita bangun dan kita jaga agar toko online kita bisa langgeng jaya.

Bagaimana sekarang? Apa sudah bulat tekadnya untuk memulai membuat toko online dengan blogspot? Semoga artikel kita ini bisa bermanfaat dan menjadikan sebuah referensi pengetahuan bagi kita semua.

COMMENTS

BLOGGER: 9
Loading...
Nama

Artikel Berita Blogspot Peluang Bisnis Serba-serbi Tips dan Trik
false
ltr
item
UKM Cerdas Online: Membuat toko online dengan blogspot
Membuat toko online dengan blogspot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig8X93Ho_WxX0J5ZMXn7HJehwU8bHEq09cf78OBAk3q5zI8RLtlqclTHg3pUokHJ8hiRzTZDSZkYvRHImWZKXYpLKikYgsY6Xg6Xu3HZ6odLzmXzVjzlkEl_UPAUCdW4UHn2h2BkpkF0I/s400/butik+esteem.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig8X93Ho_WxX0J5ZMXn7HJehwU8bHEq09cf78OBAk3q5zI8RLtlqclTHg3pUokHJ8hiRzTZDSZkYvRHImWZKXYpLKikYgsY6Xg6Xu3HZ6odLzmXzVjzlkEl_UPAUCdW4UHn2h2BkpkF0I/s72-c/butik+esteem.jpg
UKM Cerdas Online
https://ukmcerdas.blogspot.com/2012/06/membuat-toko-online-dengan-blogspot.html
https://ukmcerdas.blogspot.com/
http://ukmcerdas.blogspot.com/
http://ukmcerdas.blogspot.com/2012/06/membuat-toko-online-dengan-blogspot.html
true
4110993645096096420
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy